Senin, 08 Agustus 2016

USAHA KERJA SAMA INTERNET CAFE



Tujuan

  1. Meningkatkan taraf hidup pribadi dan mempunyai usaha yang hasilnya cukup menenangkan jiwa.
  2. Membuka kesempatan bagi investor untuk berinvestasi yang langsung menghasilkan dan berkepanjangan.
  3. Membuka lapangan kerja bagi beberapa orang yang kompeten atau mempunyai minat di bidang teknik informatika, agar dapat lebih mendalaminya.
  4. Menjalankan konsep syari’ah dalam dunia usaha

Potensi

Banyak yang bilang, warnet itu berpotensi negatif, namun jika saya yang bilang, warnet itu dapat meningkatkan potensi aktif, baik dalam hal yang positif maupun negatif, namun semua itu dapat di kembalikan kepada kepengurusan, apakah sama aktif dan mengarahkan pada positif, karena untuk menjadikan potensi negatif, cukup dengan pengurusan yang pasif (pembiaran).
Potensi lainnya yaitu, jumlah jam kerja pendapatan bersih, jika dipakai rata 8 jam kerja, maka : jam x tarif x jumlah unit x 1 bulan = pendapatan kotor.

Konsep


Investasi berjangka 5 tahun, dengan menggunakan produk-produk elektronik yang up to date dengan system operasi yang ramah sehingga produk atau alat operasional tahan lama dan tetap memiliki nilai jual yang tinggi.
Usaha tanpa modal, mengandalkan kepercayaan, bagi hasil yang saling menguntungkan, ilmu baru atau peningkatan pengetahuan bagi pemodal jika bersedia terjun bersama.
Pelaksanaan kerja sangat mudah, detail dan rutin menjadikan proses lebih banyak santai, karena pola kerja yang bersambung memerlukan ketelitian tinggi yang hanya bisa di proses oleh pola pikir yang stabil.
Mengutamakan pengembalian modal usaha, dimana pendapatan bersih setiap bulan seluruhnya masuk pada cicilan pengembalian modal, yang mana pengurus/pengelola hanya dapat menggunakan dana operasional dalam bentuk gaji.
Setelah seluruh modal usaha kembali, maka dimulai lah konsep bagi hasil dengan persentase yang telah ditentukan sebelumnya, yang menjadikan berubahnya status pengelola menjadi pemilik sebagian aset usaha dengan persentase yang telah di tentukan tersebut, maka secara otomatis hilang lah hak penggunaan dana operasional oleh pengelola.

Milestones

  1. Nama Usaha


Usaha ini diberi nama “D05-station Grocery, Game & Internet cafe”. Bergerak dalam bidang usaha teknologi dan informasi dengan mengedepankan jasa dan hiburan warung internet, hotspot rt/rw dan game online.
Sebagai usaha pendukungnya bisa disertakan usaha makanan, minuman dan PPOB yang secara keseluruhan berbadan hukum.


  1. Renacana Lokasi Usaha


Rencana lokasi usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
  2. Lokasi berada ditengah kawasan pemukiman penduduk.
  3. Lokasi dekat dengan kawasan bisnis (daerah pasar induk).
  4. Lokasi dekat Fasilitas umum yang sering dikunjungi

  1. Konsumen Yang Dituju

Pelajar dan mahasiswa, penduduk sekitar serta pegawai pasar dan masyarakat disekitar lokasi warnet. para pengguna gadget yang berbasis wifi yang berada pada radius 2 kilometer dari lokasi warnet.

  1. Keunggulan

Dalam memulai usaha warnet ini, semua instalasi, dapat dilakukan sendiri dan atau bekerja sama dengan pihak Provider Game Online seperti Cyberindo atau Gemscool, menggunakan system Diskless Gacape yang ramah hardware sehingga lebih awet dan selalu update masal dengan cepat, dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa dari pihak ketiga. Sehingga akan menghemat biaya pengeluaran.
Komputer client yang up2date dan mid-end hardware dengan maksud investasi jangka panjang, dan selalu menggugah minat pengguna sehingga tidak perlu upgrade hardware untuk 5 tahun ke depan.
Bahkan jika memungkinkan dapat juga menarik sponsor dari produk hardware tertentu semisal Intel, Geforce atau AMD.

  1. Strategi Harga Produk & Pemasaran

Harga yang ditawarkan relatif murah seperti di warnet lainnya yaitu Rp 3.000 per jam. Jika lebih dari satu jam misal 2 jam akan dikenakan biaya Rp 2500/jam.

Namun untuk lebih menarik minat, akan diberlakukan paket internet untuk penggunaan dinihari. Untuk senin sampai jumat dinihari (23:00 – 06:00) dikenakan tarif Rp 10.000 ditambah dengan minuman & makanan ringan gratis. Untuk sabtu dan minggu dini hari dikenakan tarif Rp 15.000 ditambah dengan minuman & makanan ringan gratis.

Untuk akses hotspot, akan ditawarkan tariff berlangganan per 30 hari dengan paket kecepatan yang berbeda, misal untuk smartphone dan tablet cukup dengan Rp 5.000 / 7 Hari atau Rp 20.000 / 30 hari, dan laptop dan desktop pc, akan ditawarkan mulai dari Rp 25.000 s/d 50.000 / 30 hari

  1. Strategi Promosi Kepada Konsumen

Langkah ini akan dilakukan melalui Promosi Akses Hotspot Gratis untuk 1 jam pertama yang dapat menjangkau konsumen seluas Radius 2Km, Akses Internet Hotspot ini akan dapat dengan mudah terdeteksi oleh smartphone, karena saat ini sangat sedikit sekali yang tidak memiliki smartphone.

  1. Estimasi Biaya & Pendapatan
  1. Biaya Awal

  • Biaya pembuatan Surat Izin Usaha dan Tanda Daftar Perusahaan dengan estimasi sebesar Rp 10.000.000,-
  • Biaya pengadaan Unit dengan estimasi sebesar Rp 7.000.000 per unit di kalikan dengan minimal sebanyak 50 unit menjadi Rp 350.000.000,-, dengan jumlah tersebut sudah meliputi pengadaan pc client spek Mid-end, pc server dan pc operator spek High-end, Software dan Firmware, kabel-kabel, alat-alat network dan alat-alat keamanan seperti CCTV, UPS dan Stabilizer.
  • Biaya renovasi mencakup perbaikan dan penyesuaian bentuk bangunan, pengadaan meja kursi dan instalasi komponen network, kelistrikan dan sirkulasi udara dalam bangunan dengan estimasi sebesar  Rp 150.000.000,-
Total Estimasi biaya awal yang dibutuhkan sebesar Rp 510.000.000,-. 

    1. Biaya Operasional
      1. Biaya sewa tempat, semisal jika disepakati, biaya sewa tempat per bulan Rp 8.000.000,-
      2. Biaya Penggunaan Listrik kurang lebih Rp 1.500.000,-
      3. Biaya ISP paket Indihome 30 mbps dari telkom Rp 1.000.000,-
      4. Gaji Karyawan untuk 1 teknisi @Rp 2.500.000,- dan 3 operator @Rp 1.500.000,- total sebesar Rp 7.000.000,-
      5. Konsumsi operasional karyawan Rp 2.000.000,-
      6. Biaya Koordinasi, Keamanan dan Kebersihan dianggap penting untuk penyesuaian dengan rencana operasional 24 jam dengan estimasi sebersar Rp 1.000.000,- Total Estimasi biaya operasional per bulan menjadi Rp 20.500.000,-
    1. Pendapatan Kotor

    Dalam 1 minggu dengan jumlah client 50 unit, jika di asumsikan tariff rental client per jam adalah Rp 2.500 dan dan operasional selama 10 jam, maka tiap client dapat menghasilkan Rp 25.000 dikalikan 50 client menjadi Rp 1.250.000 per hari, dalam 7 hari menjadi Rp 8.750.000,-.
    Dalam 4 minggu (1 bulan) estimasi pendapatan kotor menjadi Rp 35.000.000,- 

    1. Pendapatan Bersih
    Estimasi pendapatan bersih per bulan didapatkan dari Pendapatan Kotor di kurangi biaya Operasional, yang mana dari hasil perhitungan di atas, estimasi pendapatan kotor sebesar Rp 35.000.000 di kurangi biaya operasional sebesar Rp 20.500.000 menjadi Rp 14.500.000,- per bulannya.



    1. Metode Pengembalian Modal & Share Profit


    Metode yang akan diterapkan adalah Bagi Hasil yang mana dalam metode ini terdapat 5 unsur penting yang diantaranya :
    • Pemilik modal / Investor
    • Perjanjian dan serah terima dari Investor ke Pengusaha
    • Modal
    • Pekerjaan
    • Keuntungan


    Di dalam Bagi Hasil, investor menyerahkan modal kepada pengusaha untuk berusaha, kemudian keuntungan dibagikan kepada investor dan pengusaha dengan prosentase 50:50 yang dihitung dari keuntungan bersih jika prosentasi ini yang di sepakati oleh kedua belah pihak. Pengusaha tidak mengambil keuntungan dalam bentuk apapun kecuali Biaya Operasional Bulanan dalam bentuk Gaji sebagai Teknisi sampai modal investor kembali 100 %. Estimasi pengembalian modal dapat diperkirakan sebagai berikut : Besarnya modal yang dibutuhkan adalah dari estimasi Biaya Awal (Rp 510.000.000,-) di tambah estimasi Biaya Operasional (Rp 20.500.000,-) sebesar Rp 530.500.000,- di bagi estimasi Pendapatan Bersih per bulan (Rp 14.500.000,-) Dari skema diatas dapat diperkirakan jenjang waktu yang dibutuhkan untuk Pengembalian modal adalah 36.6 bulan di bulatkan menjadi 3 tahun 1 bulan, agar menjadi gambaran bahwa Pendapatan Bersih hanya dari Rental per unit Internet Cafe dengan operasional normal, bukan Abnormal dan belum termasuk Pendapatan lainnya seperti dari PPOB, Pulsa, Voucher Game, Hotspot, makanan dan minuman. Jika modalnya telah kembali, barulah dibagi keuntungannya sesuai prosentase yang disepakati, Di dalam Bagi Hasil kedua belah pihak selain berpotensi untuk untung, maka kedua belah pihak berpotensi untuk rugi. Jika terjadi kerugian, maka investor kehilangan/berkurang modalnya, dan untuk pengusaha tidak mendapatkan apa-apa.
    Apabila terjadi kerugian, maka investor tidak boleh menuntut pengusaha apabila pengusaha telah benar-benar bekerja sesuai kesepakatan dan aturan, jujur dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.
    Investor bisa menuntut pengusaha apabila ternyata pengusaha:
    • menyepelekan bisnisnya dan tidak bekerja semestinya, seperti: bermalas-malasan, menggunakan modal tidak sesuai yang disepakati bersama.
    • menggunakan modal di luar kebutuhan usaha.





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar